TopBottom


Pasang Random Ayat Al Qur'an diatas, Copy tag Berikut

Anda Sudah Punya Akun di Blogger, Silahkan Masukkan Username & Passwaord Anda.
Username
Password
Lupa Passwaord
Belum Punya Blog ? BUAT SEKARANG
Add to Technorati Favorites
Elshinta News :




Hosting Gratis

Cara Mudah Install NVIDIA GeForce FX 5200 di Ubuntu 8.04 dan Mengaktifkan Compiz Fusion

Posted by Iwan Tanjung at Jumat, 23 Mei 2008
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit

Dari kemaren aku utak-atik Ubuntu yang baru aja aku Install, heeemmmmm....., ternyata dapat masalah waktu mau install NVIDIA GeForce FX 5200 nya..., setelah mau download ternyata ada pesan error...!, wah.... apanya nih... aku tambah binggung (maklum baru pertama otak-atik Linux), aku coba lagi hasilnya gagal mulu, hampir putus asa nih..., akhirnya aku inget mbah google...? coba aku cari dengan menggunakan mbah google cara menginstall NVIDIA GeForce FX 5200, buka sana buka sini, masuk forum sana masuk forum sini, hasilnya aku makin pusing.....! gak ngerti perintah-perintahnya... terusterang aku awam buanget ma OS Linux ini.




Dari kemaren aku utak-atik Ubuntu yang baru aja aku Install, heeemmmmm....., ternyata dapat masalah waktu mau install NVIDIA GeForce FX 5200 nya..., setelah mau download ternyata ada pesan error...!, wah.... apanya nih... aku tambah binggung (maklum baru pertama otak-atik Linux), aku coba lagi hasilnya gagal mulu, hampir putus asa nih..., akhirnya aku inget mbah google...? coba aku cari dengan menggunakan mbah google cara menginstall NVIDIA GeForce FX 5200, buka sana buka sini, masuk forum sana masuk forum sini, hasilnya aku makin pusing.....! gak ngerti perintah-perintahnya... terusterang aku awam buanget ma OS Linux ini.

Dari mbah google aku nemuin panduan untuk menginstal nvidia geforce xxxxx, aku coba ikutin... hasilnya bukannya bisa, tapi aku tambah pusing perintahnya aku gak ngerti sama sekali..., capee dehh....., akhirnya aku putusin untuk instirahat.

Ke esokan harinya..., selesai kerja..., malamnya langsung aja aku tonggkrongin komputer ku..., coba lagi cari dengan mbah Google hasilnya tetap nihil.

Akhirnya aku coba intall lagi Nvidia nya lagi.., trus aku baca pesan errornya: ternyata setelah aku teliti file nya itu mau di download dari server lokol alias indonesia punya klo gak salah webnya http://id.ubuntu xxxxx gak tau kelanjutannya apa, aku simpulkan bahwa file yang akan di ambi tidak ada di servernya makanya gak mu downloadnya.

Akhirnya dapet juga jalannya Seperti ini cara gampangnya :
  1. Klik System >> Administrator >> Software Source
  2. Kemudian ubah link pada Download from nya di ganti dengan server Luar (United States)
  3. Kemudian klik tombol Enable, lalu ikuti perintah selanjutnya untuk mengupdatenya
  4. Klik close kalu udah selesai
  5. Kemudian baru kita tambahkan nvidianya melalui System >> Administrator >> Hardware Drivers, lalu system akan minta username dan password komputernya. kemudian akan mucul gambar serpeti berikut :
  6. Beri tanda centang di NVIDIA Graphicnya kemudian >> klik Enable, Tunggu sampai selesai NVIDIA nya terdownload dan terinstall di komputernya.
  7. Kemudian klik Close tampilan berikutnya dan Close juga Hardware Drivers nya.
  8. Langkah selanjutnya Ubuntu akam meninta anda untuk mer Restart komputer Anda, klik Icon Restart yang ada di pojok kanan atas >> klik Restart Now
Cara Instalasi Compiz Fusion

  1. Buka Synaptic Package Manager (klik System >> Administrator >> Synaptic Package Manager) akan tampi seprti gambar berikut
  2. Kemudian klik icon Search dan ketik kata Compiz pada kotak search dan klik Botton Search
  3. Setelah ketemu Compiz nya di list bagian kanan cari compizconfig-settings-manager dan beri tanda checklist klik Mark for Installation dan >> klik Mark
  4. Klik Applay jika selesai dan system akan mendownload dan menginstal system yang diperlukan.
  5. Klik Close jika selesai.
Mengkonfigurasikan Compiz Fusion
  1. Terlebih dahulu anda setting tampilan deckstop ke Normal melalu menu System >> Preferences >> Aktifkan tab Visual Effect dana Pilih Normal atau Extra. dan ikuti perintah selanjunya, klik Close jika selesai.
  2. Selanjutnya kita konfigurasikan Compiz Fusionnya melalui menu System >> Preferences >> Advanced Desktop Effects Settings
  3. Maka akan tampil gambar seperti berikut :
Mengaktifkan Emerald Window Decorator

Untuk Mengaktifkan Auto Start Emerald Window Decorator saat Login, maka ikuti perintah berikut :
  1. Klik System >> Preferences >> Sessions
  2. Aktifkan Tab Startup Programs
  3. Dan Klik Icon Add, kemudian tambahkan pada Name ketik Emerald Fix dan pada Commend nya ketik emerald --replace dan Klik OK
  4. Kemudian tekan tombol Ctrl + Alt + Backspace untuk Log out dari program dan lakukan login kembali kekomputer anda.
Selesai Dech.....
Contoh Tobol-tombol Keyboard yang digunakan:
- untuk menampilkan 3d Effect tekan Ctrl + Alt dan Drak dengan Mouse
- Untuk Menampilkan effect air tekan Shift + F9

Oke Semoga bermanfaat



Label:

0 komentar:

Posting Komentar